3 Hal Yang Membuat Anda Sulit Berkembang

Apakah Anda ingin mengubah hidup Anda?

Apakah Anda ingin diri Anda lebih maju dan berkembang?

Lalu apakah Anda merasa kesulitan dan bertanya-tanya mengapa Anda sulit berubah?

Berkembang menjadi lebih baik atau mengubah hidup menjadi lebih baik ialah hal yang diinginkan setiap orang. Semua orang ingin maju dalam arti maju ke arah yang lebih positif, lebih baik dan lebih maju. Tapi ada kalanya Anda merasa sulit sekali untuk berkembang ke arah sana.

Ada beberapa alasannya ialah yang membuat Anda sulit berkembang atau maju. Coba simak dan lihat apakah Anda termasuk salah satunya.

#1: Bergaul dengan sahabat yang salah.

Ada kutipan yang mengatakan bila Anda ingin tahu siapa diri Anda, lihatlah 5 sahabat terdekat Anda, maka Anda lebih kurang sama mirip mereka. Salah satu penyebab yang mungkin menghambat kemajuan dan perkembangan Anda ialah lingkungan yang kurang mendukung. Seperti pepatah yang mengatakan Anda sulit menjadi elang bila terus bersama ayam. Apalagi bila Anda berada dalam lingkungan yang sangat negatif.

Apa yang terjadi bila Anda dekat-dekat dengan orang yang sedang flu? Lama-lama Anda akan ketularan karena virusnya. Begitu pula kalau Anda terus bersama orang yang negatif, lama-lama Anda akan ikut tertular dan jadi negatif.

Orang-orang yang negatif itu menyerupai penghisap yang terus menarik Anda supaya tidak menuju ke daerah yang Anda inginkan. Mereka akan terus berusaha membuat Anda melenceng dari jalur.

#2: Terus tinggal di zona nyaman.

Kita ialah makhluk kebiasaan. Makara Anda cenderung nyaman melaksanakan sesuatu yang sudah biasa Anda lakukan. Ketika Anda akan melaksanakan sesuatu yang gres untuk pertama kali, Anda pasti merasa tidak nyaman.

Nyaman mungkin menurut Anda itu menyenangkan. Ya, memang tinggal di zona nyaman itu enak dan tenang: berada pada pekerjaan yang sekarang, nyaman dengan kehidupan dan situasi yang sekarang dan lainnya.

Tapi harus Anda ingat, kalau ingin berkembang dan maju, zona nyaman ialah penghalang besar. Anda takkan mampu maju atau berubah kalau terus tinggal di dalam zona nyaman. Zona nyaman membuat Anda tetap stagnan dan itu-itu saja. Anda sadar kalau ingin berubah, Anda harus melangkah menuju daerah baru. Itu artinya Anda harus berani meninggalkan kenyamanan yang selama ini Anda tempati. Mutlak tanpa nego.

Pilihan di tangan Anda. Kalau ingin berkembang, Anda harus tinggalkan zona nyaman. Kalau tidak mau, Anda harus puas dengan hidup Anda yang sekarang dan jangan mengeluh.

#3: Takut gagal.

Mungkin inilah penyebab utama mengapa Anda tidak mampu maju.

Mungkin Anda sadar, Anda harus melaksanakan sesuatu untuk berubah ke arah yang lebih baik.

Mungkin Anda sudah tahu bahwa Anda harus take action untuk mengubah hidup.

Tapi jauh di lubuk hati, Anda merasa ada suatu kekuatan besar yang menghadang. Apa lagi kalau bukan karena takut gagal.

Takut gagal telah mematikan banyak potensi Anda untuk meraih yang terbaik. Takut gagal telah menciutkan mental Anda bahkan sebelum mencoba. Di satu sisi Anda ingin sekali maju, tapi di sisi lain Anda berpikir, “Bagaimana kalau gagal? Bagaimana kalau jalannya buntu? Bagaimana kalau banyak halangan?”

Semakin lama Anda berpikir, semakin besar rasa takut Anda akan kegagalan. Dengan begitu, tak ada pilihan lain yang mampu Anda ambil selain tetap di tempat.

Baca 10 pelajaran penting wacana kegagalan supaya Anda dapat melihat kegagalan dari sisi yang positif.

Semoga artikel ini bermanfaat dan salam.
--------------------------------------------------------------------------