3 Ketakutan Yang Menghambat Kesuksesan

Rasa takut yaitu hal yang wajar dan dimiliki oleh semua orang di dunia ini. Rasa takut memiliki kegunaan untuk menyelamatkan kita dari sesuatu yang membahayakan nyawa kita. Tanpa rasa takut tersebut, peluang kita terkena ancaman amatlah besar.

Di dalam buku saya yang pertama, Patterns of Success, dijelaskan bahwa ada dua jenis rasa takut yang dimiliki manusia.

Yang pertama yaitu rasa takut yang patut kita takuti sebab memang bisa membayakan nyawa kita. Misalnya takut ketika berhadapan dengan ular kobra, beruang atau harimau busung lapar, takut ketika ditodong pistol, takut ketika disekap penculik atau penjahat, takut ketika akan dihukum mati dan lainnya. Rasa takut menyerupai itu memicu timbulnya sensasi yang membuat kita gemetar ketakutan.

Rasa takut yang kedua yaitu rasa takut yang sebetulnya tidak berbahaya, namun semua itu hanyalah khayalan yang terlalu berlebihan. Contohnya takut berbicara di depan umum, takut mendekati wanita, takut dengan sesuatu sebab trauma. Meski tidak berbahaya namun kenyataannya sebagian besar ketakutan insan terdiri dari ketakutan jenis ini.

Survey di negara Amerika menunjukkan bahwa ketakutan nomor satu bagi warga di sana yaitu takut berbicara di depan umum. Aneh bin pusing bukan? Berbicara di depan umum tidak berbahaya namun orang-orang sangat menakutinya lebih dari takut mati.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan beberapa ketakutan yang sebetulnya menghambat dan menjauhkan Anda dari kesuksesan, keberhasilan atau tujuan apa pun yang ingin dicapai.

#1. Takut Menjual
Menjual yaitu skill yang harus Anda kuasai semoga bisa sukses. Bukan hanya harus menguasai, tapi juga Anda harus berani menjual. Jika Anda punya produk, Anda harus berani menjual semoga produk Anda laris manis. Jika Anda memiliki urusan ekonomi yang bergerak di bidang jasa, Anda harus berani menjualnya kepada orang yang membutuhkan. Bukan hanya menjual barang dan jasa, tapi Anda juga harus menjual diri sendiri. Ingat baik-baik, menjual diri maksudnya bukan jual diri menyerupai mereka yang di pinggir jalan atau lokalisasi. Tolong jangan ngeres. Maksudnya menyerupai ini. Anda melamar pekerjaan. Yang Anda lakukan yaitu menulis surat lamaran yang rupawan yang menekankan keahlian yang Anda miliki. Saat wawancara Anda tentunya berusaha meyakinkan mereka semoga Anda diterima. Ini termasuk menjual diri. Begitu pula ketika seorang pria mendekati wanita. Pria tersebut akan berusaha membuat wanita tertarik dengan banyak sekali cara misalnya dengan memperlihatkan perhatian, menunjukkan sikap dan kepribadian yang baik. Semua itu yaitu menjual. Makara menjual sangatlah penting.

#2. Takut berbicara di depan umum
Berbicara di depan umum yaitu salah satu skill yang bisa melejitkan karir dan diri Anda. Berbicara dengan orang lain berarti Anda mentransfer kata-kata dan gosip pada lawan bicara. Jika Anda memiliki pandangan gres yang bagus, pandangan gres tersebut akan sia-sia jikalau Anda tidak berani mengkomunikasikannya pada orang lain. Contohnya yaitu seseorang memiliki pandangan gres urusan ekonomi yang luar biasa tapi terhalang oleh kurangnya modal. Dengan ketrampilannya berbicara di depan para calon investor, kesempatannya menerima suntikan dana sangatlah besar. Bagi Anda yang seorang manajer, direktur, CEO, pembicara publik, pengacara, juru bicara, pemimpin dan lainnya, berbicara di depan umum yaitu rutinitas layaknya makan, tidur dan buang air besar.

#3. Takut gagal
Takut gagal membuat orang berhenti sebelum mencoba. Banyak orang membuang banyak kesempatan rupawan hanya sebab berpikir bagaimana kalau gagal alih-alih berpikir bagaimana kalau sukses. Takut gagal yaitu hantu yang paling populer yang telah berhasil menguburkan keinginan jutaan orang di dunia ini, mengalahkan hantu di film Conjuring atau Insidious. Ketika kita takut gagal, kita pasti berusaha menghindar. Yang kita hindari pastilah kesuksesan yang bersembunyi di balik ketakutan itu. Kesuksesan selalu bersembunyi di balik gerbang ketakutan. Sebelum Anda berani membuka gerbang ketakutan dan melewatinya, Anda takkan pernah bisa meraih kesuksesan.

Jika Anda tidak takut menjual, tidak takut berbicara di depan umum dan tidak takut gagal, percayalah tidak ada siapa pun atau apa pun yang bisa menghentikan langkah Anda menuju kesuksesan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan salam.
---------------------------------------------------------------------
The Life's Gold: Rahasia hidup bahagia dan bebas stres. Klik di sini.
---------------------------------------------------------------------
http://www.suhardicamp.com
http://www.facebook.com/Suhardi.inspirator.motivator
http://www.twitter/SuhardiMotivasi
Instagram: @SuhardiMotivasi