6 Rahasia Hidup Simpel Dan Bahagia (Part 1)

Pembahasan mengenai hidup bahagia memang tidak ada habisnya dan tetap menjadi materi yang menarik. Buktinya dari sekian banyak segmen dari artikel di blog ini, ternyata segmen mengenai kebahagiaan yakni salah satu favoritnya. Pada kesempatan kali ini akan saya tambahkan artikel di segmen ini.

Kita semua ingin bahagia, betul? Tapi banyak orang, mungkin juga Anda, suka cari penyakit yang merusak kebahagiaan itu. dan penyakit ini sebagian besar dibuat oleh Anda sendiri.

Salah satu resep hidup bahagia yakni hidup yang simpel. Simpel di sini maksudnya yakni membuang sampah-sampah yang memberatkan diri Anda baik dalam pikiran, mental maupun emosi.

Semakin banyak sampah yang Anda singkirkan, semakin ringan beban diri Anda; tak banyak ini itu. Hidup simpel menyerupai itulah yang menyebabkan apa yang orang Inggris sebut sebagai “Peace of mind” atau ketenangan pikiran. Dari situ, Anda lebih mudah menemukan kedamaian dan kebahagiaan.

Jadi apa saja diam-diam untuk hidup simpel dan bahagia tanpa banyak pusing ini itu?

#1. Jangan kepo atau suka ikut campur urusan yang tak penting.

Kebanyakan dari kita seolah tak ada kerjaan dengan mencampuri urusan orang lain meski tak diminta. Seringkali ketika kita masuk ke dalam urusan orang lain, kita sendiri ikut stres.

Contohnya, ketika ada orang tak dikenal sedang bertengkar dengan, katakanlah pasangannya. Setelah Anda melihat kejadian itu, lalu Anda dengan analisis mentah pribadi mendakwa siapa yang salah. Sudah begitu, Anda ikut-ikutan marah dalam hati betapa kurang ajarnya dia, apalagi Anda membahasnya ke teman-teman sambil marah-marah.

Siapa yang stres? Anda ikut stres, bukan? Apakah Anda kenal mereka? Tidak. Lalu kenapa Anda yang sibuk? Kenapa harus kepo dengan cara yang terbelakang menyerupai itu? Kenapa tidak urus saja diri sendiri?

Semakin jarang Anda ikut campur duduk perkara orang lain yang mana mereka tidak meminta Anda terlibat, semakin ringan pikiran Anda, dan semakin simpel beban hidup Anda. mengerti?

#2. Maafkan dan lupakan.

Ketika orang lain membuat sesuatu yang melukai perasaan dan fisik Anda, apa yang akan Anda lakukan? Yang paling sering terjadi yakni timbul penyakit hati; di mana Anda benci, marah, kesal bahkan dendam dan menyumpahi biar orang tersebut mampus.

Penyakit hati ini kadang bertahan dalam waktu yang sangat lama. Tapi pernahkah Anda sadar semakin sakit hati Anda, semakin jauh diri Anda dari kebahagiaan? Semakin Anda mengingatnya, semakin sakit diri Anda.

Apakah pantas menyakiti diri Anda menyerupai itu di ketika Anda ingin hidup bahagia? Maafkan dan lupakan, meski terasa berat, tapi itu juga demi kebaikan Anda. Sulit bagi Anda untuk bahagia ketika hati Anda terjangkit penyakit hati yang demikian berat.

Orang lain menyakiti Anda bersama-sama cuma sekali. Begitu Anda memaafkan dan melupakan, segalanya jadi mudah dan bahkan beres. Tapi Anda terus mengingatnya dalam waktu lama hingga timbul dendam.

Kalau sudah begitu, hidup Anda bukan lagi simpel dan bahagia, melainkan rumit dan berantakan.

#3. Jangan sok-sokan atau gengsian.

Saya punya kutipan yang bagus, “Gengsi itu nikmat dan senangnya hanya sementara. Tapi begitu Anda tidak sanggup lagi, Anda akan dimakan hidup-hidup oleh gengsi tersebut.”

Renungkan kutipan tersebut baik-baik.

Sok-sokan dan gengsi mengubah Anda menjadi menyerupai orang lain yang bukan diri Anda yang sebenarnya. Ibaratnya Anda memakai topeng orang lain dan berusaha menjadi orang lain tersebut. Padahal itu salah berat.

Lihatlah di sekitar Anda orang-orang yang sok lagak atau sok hebat, padahal bersama-sama tong kosong nyaring bunyinya. Lihat apa yang terjadi kemudian, hidup mereka pasti menyulitkan.

Misalkan Anda bukan orang kaya tapi sok-sokan berlagak jadi kaya. Anda berusaha memaksakan lifestyle yang bersama-sama tidak sanggup Anda penuhi. Awalnya sih mungkin bisa, tapi jika terus-terusan menyerupai itu, hidup Anda yang jadi susah. Dan ketika Anda sudah tak punya apa-apa lagi buat berlagak, habislah Anda.

Hiduplah sesuai kemampuan dan jadilah diri Anda. Dengan begitu, hidup Anda jauh lebih simpel dan tak banyak pusing.

Semoga artikel ini mencerahkan jiwa Anda dan tunggu part 2 beberapa hari ke depan. Jangan lewatkan. Salam.
-------------------------------------------------------------------------