Cara Membangkitkan Harapan (Hope)

Apa itu harapan (hope)?

Harapan secara umum yaitu apa yang kita inginkan untuk tercapai. Setiap orang punya harapan. Semua orang pasti pernah mengucapkan harapan pada ketika ibarat ulang tahun, tahun baru, atau pada momen lainnya.

Nah, tapi ada pula segelintir orang yang bahkan tidak punya harapan. Mereka termasuk yang golongan orang-orang yang putus asa (hopeless). Ketika Anda hopeless, Anda merasa hidup ini begitu tidak bermakna sebab memang tak ada yang ingin dikejar dalam hidup ini. Istilahnya patah semangat.


Bagi Anda yang sedang hopeless, apakah ingin kembali membangkitkan harapan Anda yang hilang? Mudah, tinggal ikuti tiga langkah ini.

Langkah pertama yaitu miliki tujuan atau target atau impian.

Seperti yang saya katakan, harapan yaitu apaa yang kita inginkan untuk tercapai. Maka dari itu, Anda harus tahu apa yang benar-benar Anda inginkan dalam hidup ini. Itulah impian.

Bagaimana mungkin Anda bisa berharap bila Anda bahkan tidak punya tujuan yang ingin dicapai. Orang yang hopeless yaitu mereka yang tidak punya impian. Atau mungkin juga mereka punya impian, tapi tidak punya keberanian untuk bermimpi.

Tidak perlu takut bermimpi. Tak ada yang salah bila Anda punya harapan besar. Anda takkan di denda kok. Lihat saja orang-orang sukses, semua yang berhasil mereka wujudkan dalam hidup mereka dikarenakan impian. Tanpa impian, mereka takkan bisa berharap.

Kalau Anda ingin sukses, Anda harus berani bermimpi, bahkan harus berani bermimpi besar. Dengan begitu harapan Anda akan berdiri kembali.

Langkah kedua yaitu jangan takut gagal.

Ini yang mungkin paling sulit dilakukan. Takut gagal membuat banyak orang merasa kalah sebelum mencoba. Inilah yang membuat orang jadi hopeless.

Mengapa harus berani gagal?

Sukses itu butuh usaha untuk melewati tantangan dan rintangan. Kadang Anda harus gagal berkali-kali dulu sebelum memetik buah kesuksesan.

Ketika Anda berani gagal, gagal akan menjadi dilema yang biasa-biasa saja. Inilah mental yang harus Anda miliki. Banyak orang ketika gagal, menganggap kegagalan yaitu dilema yang sangat serius. Padahal gagal yaitu hal yang sangat wajar, jadi tidak perlu terlalu dianggap serius.

Kalau Anda terus menganggap serius sebuah kegagalan, lama-lama Anda akan frustrasi dan hasilnya kehilangan harapan. Kalau sudah begitu, Anda pasti akan berhenti dan menyerah, bukan?

Langkah terakhir yaitu percaya pada diri sendiri.

Ini pun kadang menjadi dilema buat sebagian orang. Mereka terlalu merendahkan kemampuan mereka sendiri. Mereka sering bilang, “Ah, saya mana mungkin berhasil. Aku bodoh, tidak punya apa-apa, miskin, jelek lagi.”

Penyataan ibarat itu akan mematikan potensi Anda sepenuhnya. Ketika Anda sudah tidak percaya pada diri sendiri, permainan berakhir, game over.

Kalau orang lain tidak percaya pada Anda, Anda tetap bisa berhasil asalkan Anda masih percaya pada diri sendiri. Tapi bila Anda sudah tak percaya pada diri sendiri, ribuan orang yang mengatakan Anda bisa pun takkan berguna.

Apakah Anda percaya Anda bisa sukses atau minimal bisa meraih target yang ingin dicapai?

Anda harus bisa dan percaya.

Orang yang tak punya harapan pasti tidak percaya dirinya bisa berhasil. Makanya mereka hopeless. Diri sendiri saja sudah tak bisa dijadikan andalan. Siapa lagi yang bisa bila bukan Anda sendiri?

Terlepas apa pun yang sedang terjadi, Anda bisa membangkitkan kembali harapan Anda. Apakah Anda punya harapan di masa lalu, tapi sudah pupus?

Jangan kecewa, lakukan tiga langkah di atas. Miliki impian, jangan anggap serius hanya sebab gagal dan percayalah pada diri sendiri.

Semoga bermanfaat dan salam.
-----------------------------------------------------------------------------