Tahun Baru, Tujuan Baru

Karena ada beberapa urusan yang harus diselesaikan dan bertepatan dengan libur tahun baru, terpaksa blog ini terbengkalai sementara. Dan sekarang saya sudah siap mengupdate artikel terbaru buat Anda semua.

Seperti yang biasa dilakukan banyak orang ketika dimulainya tahun baru, tentunya Anda juga pernah membuat sebuah resolusi gres untuk satu tahun ke depan. Resolusi ini ialah tujuan, harapan atau harapan yang Anda inginkan untuk tercapai.

Mungkin Anda tidak perlu lagi diceramahi wacana betapa pentingnya memiliki tujuan. Tanpa tujuan, Anda menyerupai berjalan dengan mata tertutup. Anda akan kesasar ke mana-mana.

Apakah Anda sudah punya resolusi tahun baru?

Jika belum, segeralah buat. Resolusi ini ialah panduan bagi Anda untuk menentukan arah hidup Anda minimal setahun ke depan. Resolusi ini mirip-mirip peta sehingga Anda tahu jalan mana yang harus ditempuh. Bisa Anda bayangkan kalau berjalan tanpa itu? Itulah yang terjadi pada mereka yang tidak punya tujuan hidup. Mereka hanya berharap hidup membawa mereka ke mana saja dengan pasrah. Mereka hanya ingin hidup mengalir apa adanya.

Sah-sah saja kalau ingin hidup mengalir saja dan mendapatkan apa adanya. It’s OK kalau itu yang Anda inginkan. Tapi saya yakin Anda punya tujuan yang belum terwujud. Kalau sudah begitu, Anda harus punya resolusi untuk mewujudkannya.

Pertama kali yang harus Anda ketahui sebelum membuat resolusi tahun gres ialah Anda harus tahu apa yang Anda inginkan. Banyak orang kesulitan menentukan apa yang bergotong-royong mereka inginkan.

Tidak percaya?

Coba tanyakan saja pada sobat Anda, katakan bahwa kalau mereka punya 3 kesempatan untuk mewujudkan keinginan menyerupai di kartun Dragon Ball, apa yang mereka inginkan? Mereka pasti berpikir lama sebelum menjawabnya. Bahkan ada sebagian yang tidak tahu. Sangat mengherankan. Inilah sebab mengapa banyak orang hanya hidup ala kadarnya tanpa mampu mewujudkan apa yang menjadi tujuannya.

Bagaimana kalau Anda tidak punya tujuan hidup? Ya, tidak usah membuat resolusi tahun baru. Kalau Anda memilih mengalir saja apa adanya, tidak perlu membuat resolusi tahun baru.

Setelah Anda membuat resolusi, Anda harus punya janji untuk mewujudkannya. Mengapa? Karena banyak orang setelah membuat resolusi tahun baru, tiga empat hari kemudian dibiarkan begitu saja seolah tak pernah ada. Jangan pernah berpikir bahwa membuat resolusi tahun gres sudah pasti menjamin Anda mampu mewujudkannya. Tidak mungkin!

Banyak orang salah kaprah mengenai ini. Di buku-buku motivasi sering dikatakan bahwa orang-orang yang punya harapan lebih sukses daripada mereka yang tidak. Tapi itu bukan berarti punya harapan saja sudah cukup. Anda harus punya janji untuk mewujudkannya. Coba lihat ke tahun-tahun sebelumnya, berapa banyak resolusi tahun sebelumnya yang tidak pernah terwujud bahwa yang sudah dilupakan sama sekali? Kalau Anda tidak punya komitmen, resolusi tahun gres yang sudah dibuat hanya akan masuk barang butut beberapa hari ke depan.

Resolusi tahun gres hanya akan efektif kalau Anda punya niat dan komitmen. Sama menyerupai ketika Anda punya harapan yang besar. Semua itu takkan terwujud kalau tidak ada janji untuk menjadikannya aktual di hadapan Anda.

Resolusi itu menyerupai peta. Anda punya resolusi berarti Anda sudah memegang petanya. Tapi kalau Anda tidak berusaha berjalan, hingga rambut botak pun takkan tiba di daerah tujuan. Harus ada janji untuk melangkahkan kaki dari daerah Anda semula ke daerah yang Anda inginkan.

Cukup hingga di sini dulu. Semoga artikel ini mampu membuat Anda merenungi hidup ini selagi masih tahun baru. Dan hari-hari berikutnya sudah siap menunggu Anda. Semoga kita semua berhasil mewujudkan apa yang selama ini kita impikan.

Salam sejahtera buat Anda semua.
-------------------------------------------------------------------------------